Pengusir Nyamuk di Kerambitan Bali

Call: 081138204204 Pengusir Nyamuk di Kerambitan Bali, Termite Control Bali Melayani Jasa Semprot Nyamuk di Bali, Anti Rayap Bergaransi, Jasa Pembasmi Kecoa di Rumah, Pembasmi Tawon Ndas, Jasa Pembasmi Ulat Bulu, dan Jasa Pengendalian Hama Lainnya.

PENGENDALIAN HAMA NYAMUK

 Pengusir  di Kerambitan Bali

Setiap tahun, terkena penyakit yang karena Nyamuk Aedes Aegipty yang dapat menjadikan orang terkena demam berdarah dengue (DBD) di Indonesia cenderung mengalami kenaikan pada pertengahan musim penghujan sekitar bulan Januari, dan cenderung turun pada bulan Februari hingga ke penghujung tahun.

Dalam penanganan  Demam Berdarah,  diperlukan adanya peran serta masyarakat untuk menanggulangi kasus ini sangat menentukan. Oleh karenanya program Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dengan cara 3M Plus perlu terus dilakukan secara kontinu, sepanjang tahun khususnya pada musim penghujan. Program PSN , yaitu:
1.Menguras, adalah membersihkan tempat yang sering dijadikan tempat penampungan air seperti bak mandi, ember air, tempat penampungan air minum, penampung air lemari es dan lain-lain.
2.Menutup, yaitu menutup rapat-rapat tempat-tempat penampungan air seperti drum, kendi, toren air, dan lain sebagainya;
3.Memanfaatkan kembali atau mendaur ulang barang bekas yang memiliki potensi untuk jadi tempat perkembangbiakan nyamuk penular Demam Berdarah.

Adapun yang dimaksud dengan 3M Plus adalah segala bentuk kegiatan pencegahan seperti :
1.Menaburkan bubuk larvasida pada tempat penampungan air yang sulit dibersihkan; 2.Menggunakan obat nyamuk atau anti nyamuk;
3.Menggunakan kelambu saat tidur;
4.Memelihara ikan pemangsa jentik nyamuk;
5.Menanam tanaman pengusir nyamuk,
6.Mengatur cahaya dan ventilasi dalam rumah;
7.Menghindari kebiasaan menggantung pakaian di dalam rumah yang bisa menjadi tempat istirahat nyamuk, dan lain-lain.

PSN perlu dilakukan terutama pada musim penghujan dan pancaroba, karena meningkatnya curah hujan dapat meningkatkan tempat-tempat perkembangbiakan nyamuk penular DBD, sehingga seringkali menimbulkan kejadian luar biasa (KLB) terutama pada saat musim penghujan.

Selain PSN 3M Plus, sejak Juni 2015 Kemenkes sudah mengenalkan program 1 rumah 1 Jumantik (juru pemantau jentik) untuk mencegah angka kematian dan kesakitan akibat Demam Berdarah Dengue. Gerakan ini merupakan salah satu upaya preventif mencegah Demam Berdarah Dengue (DBD) dari mulai pintu masuk negara sampai ke pintu rumah.

PENGENDALIAN HAMA TIKUS

 Pengusir  di Kerambitan Bali

Tikus merupakan Binatang yang termasuk kepada suku Muridae . Spesies tikus yang paling sering ditemukan adalah mencit (Mus spp.) serta tikus got (Rattus norvegicus ) yang ditemukan hampir di semua negara. Tikus sebagai hama yang membuat kerugian untuk kehidupan manusia baik di lingkungan perumahan maupun industri.

Perkembangbiakan tikus sangat cepat, umur 1,5 – 5 bulan sudah dapat berkembangbiak, setelah hamil 21 hari, setiap ekor dapat melahirkan 6-8 ekor anak, 21 hari kemudian pisah dari induknya dan setiap tahun seekor tikus dapat melahirkan 4 kali

Jenis tikus yang paling sering menyerang perumahan :

1.Tikus got , tikus coklat , tikus rumah besar atau tikus laboratorium (Rattus norvegicus ) adalah salah satu spesies tikus yang paling umum dijumpai di perkotaan.

2.Tikus rumah (Rattus rattus ) adalah binatang pengerat biasa yang mudah dijumpai di rumah-rumah dengan ekor yang panjang dan pandai memanjat serta melompat. Tikus ini termasuk dalam subsuku Murinae dan berasal dari Asia. Namun demikian, ia lalu menyebar ke Eropa melalui perdagangan sejak awal penanggalan modern dan betul-betul menyebar pada abad ke-6. Selanjutnya ia menyebar ke seluruh penjuru dunia.

Tikus rumah pada masa kini cenderung tersebar di daerah yang lebih hangat karena di daerah dingin kalah bersaing dengan tikus got. Tidak seperti saingannya, tikus got, tikus rumah adalah perenang yang buruk dan bangkainya sering ditemukan di sumur-sumur. Namun demikian, ia lebih gesit dan pemanjat ulung, bahkan berani “terbang”. Warnanya biasanya hitam atau coklat terang, tetapi sekarang ada yang dibiakkan dengan warna putih atau loreng. Ukurannya biasanya 15-20 cm dengan ekor ± 20cm. Hewan ini nokturnal dan pemakan segala, namun menyukai bulir-bulir. Betinanya mampu beranak kapan saja, dengan anak 3-10 ekor/kelahiran. Umurnya mencapai 2-3 tahun dan menyukai hidup berkelompok.

3.Mencit (Mus musculus ) adalah anggota Muridae (tikus-tikusan) yang ukurannya kecil. Mencit sering dijumpai di rumah-rumah dan dikenal sebagai hama pengganggu karena kebiasaannya menggigiti mebel dan barang-barang kecil lainnya, serta bersarang di sudut-sudut lemari. Hewan ini diduga sebagai mamalia paling banyak kedua di dunia, setelah manusia. Mencit sangat mudah menyesuaikan diri dengan perubahan yang dibuat manusia, bahkan jumlahnya yang hidup liar di hutan barangkali lebih sedikit daripada yang tinggal di perkotaan.

4.Celurut adalah binatang pemakan serangga bertubuh kecil yang tampak mirip mencit/tikus kecil dan termasuk dalam familia Soricidae . Salah satu anggotanya adalah celurut rumah (Suncus murinus L.) yang biasa ditemukan berlari di sudut dinding mencari mangsa. Hama ini kerap kali dianggap sebagai tikus karena ukuran, warna rambut, serta moncongnya, sehingga dinamakan pula tikus kesturi . Nama Lainnya adalah cecurut , (tikus) curut , cencurut , dan munggis . Padahal celurut sangat jauh kekerabatannya dari tikus, bahkan berbeda ordo; celurut merupakan ordo Soricomorpha , bukan Rodentia (hewan pengerat). Celurut juga menjadi hewan vektor penyakit yang serupa dengan tikus dan mencit.

PENGENDALIAN HAMA KUTU BUSUK ATAU BED BUGS

 Pengusir  di Kerambitan Bali

Kutu Kasur adalah serangga kecil nokturnal dari famili Cimicidae yang menghisap darah. Kutu Busuk menghisap darah manusia, dan Kutu Kasur diketahui menghisap darah kelelawar atau hewan berdarah panas termasuk kelinci, tikus, marmut, burung, kelelawar dan hewan peliharaan. Bed Bugs termasuk dalam Ordo : Hemiptera, Famili : Cimicidae.

Bed bugs ( kutu busuk ) atau Tumila dalam bahasa sunda memiliki tubuh datar dan hampir sama bentuknya dengan kecoa kecil. Kutu busuk ini berwarna coklat kemerahan setelah makan darah manusia. Mempunyai ukuran sekitar 3/16-inch panjang. Dewasa tumbuh 4-5 mm panjang dan lebar 1,5-3 mm

Bagimana Kutu Kasur memakan darah dan memiliki mulut yang secara khusus disesuaikan untuk menusuk kulit manusia. Cara Mereka menyuntikkan air liur selama makan, yang memiliki sifat antikoagulan. Bed Bugs ini kebanyakan ditemukan di dalam kasur dan memakan darah manusia terjadi pada malam hari.

Bed Bugs bisa bertahan dalam waktu yang lama tanpa makan dan akan memakan yang berdarah panas antara lain : hewan pengerat, kelinci, kelelawar, burung dan manusia.

Tempat tidur tempat penampungan Tumila di beberapa lokasi gelap, sebagian besar dekat dengan tempat orang tidur, celah dan retakan seperti jahitan kasur, lembaran, papan lantai, di belakang lukisan, di karpet, di belakang pinggir, dalam bingkai tempat tidur dan furnitur lainnya, dan di belakang wallpaper longgar. Kutu busuk sering ditemukan di hotel-hotel dan mungkin bergerak dari kamar ke kamar pada bagasi orang. Bercak darah di kasur dan perabotan di dekatnya sering merupakan tanda adanya kutu kasur

Klasifikasi Kutu Busuk
Kingdom: Animalia
Filum: Arthropoda
Classis: Insecta
Ordo: Hemiptera
Family: Cimicidae
Genus :Cimex
Spesies: Cimex lectularius
Sumber: Maskoeri Jasin
Karakteristik Kutu Busuk

Bed Bugs dewasa memiliki tubuh oval, berwarna coklat sampai merah kecoklatan, tak bersayap dan memiliki tubuh pipih. Tumila betina biasanya memiliki ukuran tubuh lebih panjang dan lebih lebar dari pada jantan. waktu belum menghisap darah ukuran panjang tubuh bedbug adalah 5 mm sampai 9 mm dan memiliki permukaan atas tubuh berkerut. Dan bila sudah menghisap darah tubuhnya memanjang dan membengkak, warnanya menjadi kusam.

Siklus Hidup Kutu Busuk
Kutu Busuk betina dapat menyimpan sampai lima telur dalam sehari dan 500 telur selama seumur hidup. Telur-telur yang terlihat dengan mata telanjang berukuran 1 mm panjang (sekitar dua butir garam). Telur biasanya diletakkan dalam beberapa bagian/tempat di celah-celah bingkai tempat tidur, lantai, dinding dan pada permukaan kasur. Telur yang dilapisi oleh zat lengket yang menyebabkan mereka lengket sehingga tidak mudah berpindah tempat setelah diletakkan. Telur akan menetas dalam satu sampai dua minggu. Bed bugs (Kutu Busuk) mengalami metamorfosis lengkap (perubahan bentuk) kutu busuk muda menyerupai bentuk dewasa.kutu busuk yang baru menetas disebut nimfa. Mereka melewati lima tahap pergantian kulit sebelum mereka mencapai dewasa (Imago) dan periode nympha berlangsung sekitar 6 minggu. Bed bugs (kutu Busuk) makan 3 sampai 5 menit, setelah tubuh mereka membesar dan darah keluar baru mereka berhenti menghisap darah. Kutu busuk merayap ke tempat persembunyian dan tinggal disana selama beberapa hari untuk mencerna makanan. Ketika lapar lagi, mereka muncul dari tempat persembunyian dan mencariu inangnya (manusia). Jika makanan tidak tersedia, sedangkan anakan baru dapat hidup selama beberapa minggu dalam cuaca hangat, atau beberapa bulan dalam cuaca dingin. Kutu busuk dewasa akan dapat bertahan selama 2 bulan atau lebih lama tanpa makanan.

Di mana Kutu Busuk ditemukan?
Bentuk tubuh yang sangat pipih sehingga memungkinkan mereka untuk bersembunyi di celah-celah kecil. Celah dengan ukuran kecil dapat menjadi tempat bersembunyi kutu busuk bahkan hingga di langit-langit rumah. Pada siang hari, mereka akan bersembunyi, lebih memilih untuk tetap tersembunyi di tempat-tempat seperti jahitan kasur, interior kasur, bingkai tempat tidur, perabotan di dekatnya, karpet, pinggir tempat tidur, dinding bagian dalam dan lubang kayu kecil. Tempat persembunyian dapat ditemukan dengan mengamati tanda-tanda seperti bintik hitam atau coklat dari kotoran serangga kering pada permukaan kasur atau tempat di mana BedBug (kutu Busuk) istirahat. Telur, kulit telur dan kulit nimfa juga dapat ditemukan di tempat-tempat peristirahatan kutu busuk tersebut. Indikator awal untuk mengetahui serangan bedBugs ditemukan hanya sekitar jahitan kasur, spray atau lipatan kasur tapi kemudian mereka menyebar ke celah-celah.

Mosquito Elimination System in Sobangan Bali

ANTI RAYAP PRA KONSTRUKSI DAN PASCA KONSTRUKSI

Rayap yang berada di rumah memang sangat merugikan. Rayap ini hidup dengan memakan kayu-kayu yang menjadi fondasi rumah kita. Jika si rayap terus menerus memakan kayu fondasi, maka kayu tersebut lama kelamaan akan semakin hancur dan bukan tidak mungkin jika suatu saat rumah akan roboh. Sebagai hama pengganggu, rayap memilki sejumlah spesies. Selain itu, hewan ini juga hidup berkoloni dengan pembagian kasta di dalamnya.

1.Rayap Tanah
Spesies rayap yang akan kami perkenalkan pertama adalah rayap tanah (subterranean termites). Jenis rayap yang satu ini bisa ditemukan di hampir seluruh daerah di Indonesia. Sesuai dengan namanya, rayap tanah harus memiliki tempat tinggal di dekat tanah untuk bertahan hidup. Hewan ini hidup dengan memperoleh kelembaban yang berasal dari tanah. Meskipun menyukai tempat tinggal yang berada di dekat tanah, jenis rayap ini cukup sering ditemukan di pemukiman penduduk. Rayap tanah akan membuat terowongan melalui tanah untuk mengakses tanah atau kayu yang kondisinya lembab. Di musim kemarau, terowongan yang dibuat oleh koloni rayap tanah ini semakin dalam karena mereka membutuhkan kelembaban lebih banyak.

2.Rayap Kayu Kering
Apakah Anda berpikir bahwa rayap hanya menyukai tanah dan kayu yang basah? Anda salah, karena dari semua jenis-jenis raya ada satu jenis yang memakan kayu kering, namanya adalah rayap kayu kering (drywood termites).

Rayap kayu kering hidup dalam koloni kecil. Jumlah koloni rayap kayu kering dalam sebuah kayu yang sama jumlahnya tidak lebih dari seribu ekor. Jenis rayap ini tidak terlalu produktif jika dibandingkan jenis rayap lainnya, tapi kerusakan yang ditimbulkan spesies rayap ini bisa berakibat fatal lantaran keberadaan mereka sulit terdeteksi. Jenis rayap kayu kering bisa menggerogoti jenis kayu apapun yang tidak lembab. Mereka tidak perlu melakukan kontak dengan tanah dan cenderung memilih tempat tinggal yang kadar airnya sangat rendah. Rayap kayu kering adalah spesies rayap yang paling perlu Anda waspadai karena mereka dapat menyerang berbagai jenis kayu di rumah Anda.

3.Rayap Kayu Basah Kebalikan dengan rayap kayu kering, rayap kayu basah (dampwood termites) sangat gemar menempati kayu yang busuk atau lapuk dengan kondisi yang lembab atau basah. Sebagai contoh, jenis kayu yang aman digemari spesies ini adalah kayu yang terkena bocoran air hujan. Rayap kayu basah tidak hanya menyerang kayu di dalam rumah saja. Spesies ini juga memiliki habitat di luar pemukiman penduduk seperti pohon, tunggul, atau kayu yang bersentuhan langsung dengan tanah. Keberadaan rayap kayu basah ini lebih mudah dideteksi dari rayap kayu kering.

PERUSAHAAN PEST CONTROL PROFESIONAL DI BALI

Untuk Melakukan Penanggulangan Hama Secara Terpadu, Gunakanlah Perusahaan Jasa Pest Control yang Profesional dan Berizin Resmi, sehingga proses penanganan hama atau penanggulangan hama akan lebih efektif dan hasil yang memuaskan tentunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *